Saturday, March 3, 2012

Konflik Lahan di Sumsel Mulai Dimediasi Komnas HAM

http://news.okezone.com/read/2008/07/03/1/124320/konflik-lahan-di-sumsel-mulai-dimediasi-komnas-ham

(Musim Mas)

Konflik Lahan di Sumsel Mulai Dimediasi Komnas HAM

Arpan Rachman - Okezone
Kamis, 3 Juli 2008 13:00 wib
PALEMBANG - Perebutan lahan antara masyarakat Desa Sinar Harapan, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dengan PT Berkat Sawit Sejati (BSS) mengundang perhatian Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM).

Dari pemetaan posisi kasus yang dilakukan Sub Komisi Mediasi Komnas HAM, diketahui 73 hektare lahan diklaim PT BSS sebagai bagian dari Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan perkebunan itu.

"Dari 73 ha lahan, 50 ha sudah dibersihkan PT BSS, termasuk telah dibuat parit gajah dan tanam-tanaman warga sudah dibersihkan," kata Syarifuddin Lukman Simeule dari Subkom Mediasi Komnas HAM kepada para wartawan di Palembang, Kamis (3/7/2008).

Dijelaskan, yang dilakukan Komnas HAM dalam kunjungannya ke Desa Sinar Harapan antara lain mengunjungi warga yang membuat pengaduan serta memverifikasi dokumen-dokumen terkait, baik di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumsel, Pemkab Muba, maupun Pemprov Sumsel.

Dalam pertemuan dengan jajaran pemerintah, Syarifuddin menuturkan, terutama yang diminta Komnas HAM apa tindakan yang telah dilakukan otoritas setempat.

"Komnas HAM mendesak penyelesaian kasus ini secepatnya dengan mengacu kepada instrumen-instrumen HAM. Sesuai Pasal 71 UU 39/1999 yang menyebut bahwa pemerintah wajib menghormati dan bertanggung jawab atas Hak-hak Asasi Manusia, termasuk bila hak-hak warga negaranya dilanggar," pungkas Syarifuddin.

No comments:

Post a Comment

Knowing Malaysian Palm Oil Investors in Indonesia

https://www.palmoilmagazine.com/news/8504/knowing-malaysian-palm-oil-investors-in-indonesia   Main News | 21 January 2021 , 06:02 WIB ...